Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
GARUDA BISNIS

Apa itu Printer Inkjet?

September 11 2020

Apa itu Printer Inkjet?

Printer inkjet adalah pilihan paling populer untuk kebutuhan pencetakan rumah. Printer ini bekerja dengan mendorong tetesan tinta ke atas kertas, berbeda dengan printer laser yang menggunakan toner dan sebagian besar dirancang untuk pencetakan volume tinggi dalam pengaturan kantor.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli printer inkjet, lihat bagaimana printer ini bekerja dan digunakan, apakah cocok untuk penggunaan Anda?

Apa itu Printer Inkjet?

Printer inkjet adalah periferal yang dihubungkan secara nirkabel atau dengan kabel ke komputer. Di rumah, ia menerima dokumen atau gambar dari komputer dan dicetak pada kertas bond atau kertas foto berkualitas tinggi. Dalam kasus printer nirkabel, siapa pun di rumah dapat mencetak dari perangkat nirkabel ke printer, selama keduanya berada di jaringan rumah yang sama.

Printer inkjet bekerja paling baik pada kertas yang tidak keropos, jadi kertas bond dengan bobot sedikit lebih berat yang biasanya digunakan di kantor — 24 pon vs. 20 lb. — lebih disukai. Kertas yang secara eksplisit ditujukan untuk printer inkjet memiliki permukaan keras yang mencegah warna luntur.

Jenis kertas ini sedikit lebih mahal daripada kertas fotokopi kantor biasa. Kertas foto berkualitas tinggi juga diproduksi untuk printer inkjet, tetapi lebih mahal daripada kertas bond.

Printer inkjet yang dideskripsikan sebagai printer all-in-one dilengkapi dengan kemampuan pemindaian dan fotokopi, selain untuk mencetak. Kedua opsi ini dilakukan langsung pada printer, sama seperti pada mesin fotokopi, biasanya dengan meletakkan dokumen menghadap ke bawah pada area kaca.

Karakteristik Printer Inkjet

Kebanyakan printer inkjet rumahan tidak mahal, relatif kecil, dan ringan. Printer inkjet kualitas komersial berukuran lebih besar, lebih mahal, dan mencetak pada bahan yang lebih beragam.

Kecepatan printer inkjet biasanya dinilai dari berapa banyak halaman per menit yang dicetak hanya dengan tinta hitam dan berapa banyak halaman per menit yang dicetak berwarna. Kecepatan printer yang berbeda bervariasi, tetapi peringkat umum untuk banyak model adalah 10,5 halaman per menit untuk tinta hitam saja dan lima halaman per menit untuk tinta warna. Printer inkjet komersial lebih cepat daripada printer rumahan yang lebih kecil dan lebih mahal.

Kebanyakan printer inkjet rumahan menangani kertas surat standar dan ukuran legal. Subkategori printer inkjet — printer foto khusus — lebih kecil dan dirancang untuk foto saja, bukan dokumen. Ini tersedia dalam ukuran kertas 4 kali 6 inci, 5 kali 7 inci, dan ukuran lainnya.

Cartridge tinta inkjet relatif mahal. Bukan hal yang aneh jika biaya bahan habis pakai melebihi biaya printer dalam waktu satu tahun, tergantung pada volume penggunaan. Jika Anda berbelanja untuk printer inkjet baru, perkirakan biaya printer per halaman sebelum membelinya. Alternatif lain Anda bisa membeli ditempat jual beli cartridge bekas.

 

Bagaimana Printer Inkjet Bekerja

Printer inkjet membuat gambar dengan menyemprotkan tetesan kecil tinta ke atas kertas. Kepala cetak bergerak maju mundur saat kertas diumpankan melalui satu set penggulung.

Kualitas gambar ditentukan oleh jumlah titik per inci (DPI) yang dapat dihasilkan printer. Kebanyakan printer laser memiliki resolusi 1200 dpi atau 2400 dpi. Beberapa printer kelas bawah memiliki resolusi 300 dpi atau 600 dpi. Kisaran yang lebih rendah dapat diterima untuk dokumen yang terutama terdiri dari teks dan grafik sehari-hari. Namun demikian, untuk foto berkualitas tinggi, resolusi yang lebih tinggi lebih disukai.

Kuning, magenta (merah), cyan (biru), dan hitam adalah warna tinta yang umum digunakan pada printer inkjet. Digunakan bersama, ini dapat mereproduksi sebagian besar warna. Setiap warna tinta biasanya terdapat dalam kartrid terpisah yang dapat diganti, tetapi beberapa model menggabungkan tinta menjadi satu kartrid.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post