Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
GARUDA BISNIS

Bisnis Konveksi Baju yang Sangat Menggiurkan

September 12 2020

Sebagai salah satu jenis bisnis yang sangat menggiurkan, bisnis konveksi tentu harus kamu ketahui. Apalagi jika kamu sudah memiliki hobi atau passion dalam dunia produksi baju. Karena konveksi membuat banyak pakaian dalam satu waktu, maka keuntungannya bisa sangat besar.

Secara umum, konveksi baju bisa diartikan sebagai sebuah usaha yang dijalankan dalam bidang pengerjaan baju dalam skala massal. Maksud massal di sini adalah lebih dari 12 psc. Sebuah konveksi skala besar, bisa memproduksi hingga 10 ribu pakaian dalam satu pesanan.

Apa itu Bisnis Konveksi Baju

Bisnis konveksi baju bisa diartikan sebagai salah satu bentuk usaha mengorganisir produksi baju dengan tingkat analisis yang tinggi, sistem sirkulasi biaya yang kompleks, dan tentunya detail pengerjaan yang bersinergi dengan seorang pemesan.

Bisnis konveksi bisa dikatakan membutuhkan banyak modal. Hal ini dikarenakan konveksi adalah sebuah bisnis yang menciptakan barang. Proses menciptakan barang, tentunya membutuhkan alat dan bahan sehingga barang tersebut bisa tercipta.

Meski demikian, tidak sedikit yang memulai bisnis ini dari skala rumahan hingga besar. Tergantung dengan profit yang dihasilkan. Modal yang sedikit bisa saja menjadi besar, ketika pesanan terus bertambah.

Jadi, yang namanya bisnis memang seperti itu. Terjadi perputaran finansial yang tentunya terstruktur untuk menciptakan optimasi bisnis dan bisa menghidupi orang yang bekerja di dalam bisnis tersebut.

Konveksi Baju Sebagai Bisnis Menguntungkan

Sebenarnya, ketika seseorang mendirikan bisnis konveksi baju, maka dia memiliki potensi besar untuk membuka cabang konveksi lainnya, seperti kaos hingga celana dalam. Bahkan, konveksi umum bisa mengerjakan segala jenis pakaian borangan.

Entah itu pakaian ibadah, pakaian sehari-hari, hingga pakaian modis sekalipun. Intinya, bisnis konveksi bisa memiliki cabang bisnis tidak hanya pada pakaian umumnya saja. Maka sangat patut dicoba.

Analisis dari bisnis konveksi baju adalah tingkat permintaan pasar. Kamu pasti tahu, jika permintaan pakaian dari hari ke hari selalu ada. Karena memang pakaian adalah salah satu kebutuhan primer.

Jadi, mau sampai kapanpun baju akan selalu dicari dan dibutuhkan. Maka jika sebuah konveksi sudah terbranding dengan baik, bisnis ini bisa sangat menjanjikan.

Tahap Memulai Bisnis Konveksi

Ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk mendirikan sebuah bisnis konveksi. Tahap-tahap ini sebenarnya mudah dilakukan, asalkan kamu benar-benar mau dan berniat bergelut dalam bisnis yang satu ini.

Beberapa tahap yang perlu kamu lakukan untuk mendirikan bisnis konveksi adalah sebagai berikut:

Analisis Bisnis dan Pasar

Satu tantangan besar dari bisnis konveksi adalah kompetitor. Karena baju adalah kebutuhan primer, maka tidak heran yang memiliki bisnis di bidang ini sangatlah banyak. Maka dari itu, bisnis konveksi kamu harus benar-benar teroptimasi dengan baik.

Sehingga mampu bersaing dengan pasar yang selalu menyesuaikan dengan zaman. Analisis bisnis adalah proses mencari tahu bagaimana tren pasar, sehingga sebuah produk bisa dijual dengan baik dengan untung yang banyak.

Selain itu, kamu juga harus benar-benar bisa memastikan banyak hal tentang apa yang dibutuhkan oleh bisnis yang kamu jalankan. Sehingga, ketika nantinya berjalan, bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik.

Persiapan Alat dan Bahan

Satu hal yang seringkali menghambat seseorang memulai usaha ini adalah ruang, alat, dan bahan. Tiga hal ini sangatlah penting, namun juga membutuhkan banyak biaya. Apalagi sekelas bisnis konveksi.

Semakin banyak produksi yang dihasilkan, maka semakin perlu banyak alat dan bahan pula. Permasalahannya adalah terletak pada alat konveksi. Alat-alat konveksi memang awet ketika dipakai, namun harganya bisa dibilang mahal.

Maka dari itu, jika kamu ingin benar-benar profesional dalam bisnis ini, minimal kamu harus menyiapkan modal dari jauh hari. Karena jika tidak, kamu mau nggak mau harus meminjam. Kalau nggak gitu, ya kamu nggak bisa memulai bisnis konveksi ini.

Partner yang Bisa Diandalkan

Konveksi adalah bisnis dalam skala yang lebih besar. Maka dari itu, kamu harus benar-benar menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, termasuk teman bisnis.

Partner ini termasuk penyuplai kain, orang yang bisa membenahi alat konveksi yang rusak, dan beberapa orang yang dibutuhkan lainnya. Partner ini sangatlah penting, karena kamu mustahil bisa menggerakkan bisnis konveksi secara sendirian.

Apalagi ketika bisnis kamu sudah memiliki banyak pelanggan yang banyak. Ketika satu pesanan memiliki jumlah pakaian yang dipesan lebih dari ribuan, maka otomatis kamu memerlukan banyak tenaga dan supplier.

Strategi Marketing dan Branding

Tahap ini sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan terpenting. Karena percuma ketika alat kamu sudah lengkap, tapi produk yang kamu hasilkan tidak menciptakan branding sama sekali. Karena branding dan marketing adalah ujung tombak dari sebuah usaha.

Bisnis yang sukses, tentu dipengaruhi langsung oleh strategi marketing yang tepat. Maka dari itu, kamu harus benar-benar bisa memanfaatkan banyak peluang di era modern ini. Sebut saja internet dan strategi marketing online.

Itu sangat bisa mempengaruhi produk yang kamu pasarkan. Jika produk kamu tidak muncul di internet, maka lambat laun akan tergeser oleh produk yang ada di internet. Hal itu dikarenakan, semua orang sudah memakai internet.

Mempertahankan Kualitas

Setelah mendapat konsumen, satu hal yang seringkali dilupakan banyak orang adalah mempertahankan kualitas produk. Terkadang, pebisnis sering terlena ketika sudah banyak pelanggan. Sehingga melupakan kualitas dan terfokus pada kuantitas.

Maka dari itu, hal ini tidak boleh terjadi. Karena kalau terjadi, bisa saja pelanggan jadi kecewa terhadap pesanan yang telah dipesan. Atau kalau tidak, pesanan tidak jadi sesuai dengan kesepakatan.

Kualitas ini termasuk dalam hal pelayanan, hasil produksi, hingga harga yang kompetitif. Semua aspek harus teroptimasi, sehingga menciptakan banyak peluang pasar.

Dari lima tahap di atas, ada dua hal yang tidak kalah penting dalam strategi memulai bisnis konveksi. Ia adalah kesabaran dan konsisten. Karena seringkali, seseorang akan putus asa ketika bisnis sepi pelanggan. Akhirnya tidak jadi dikembangkan dan terjadi stagnasi.

Ketika kamu berhenti karena tidak sabar, maka disitulah titik kehancuran bisnis yang kamu mulai. Jangan sampai kamu rugi membeli banyak alat dan bahan, hanya karena kamu kurang sabar dan tekun menjalankan bisnis konveksi baju kalian.

***

Memulai sebuah bisnis memang bukan perkara yang mudah dilakukan, termasuk bisnis konveksi baju. Maka dari itu, pengalaman adalah satu hal yang sangat menentukan. Informasi di atas bisa kamu jadikan referensi untuk menjadi bekal memulai usaha konveksi baju kamu.

 

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post