Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
GARUDA BISNIS

Rekomendasi IPAL Komunal, Rumah Sakit, Pabrik, dan lainnya Dari Toya Arta Sejahtera

September 30 2020 , Written by timseogaruda

 

Keberadaan limbah sudah pasti meresahkan warga masyarakat. Oleh karenanya Kementerian Lingkungan Hidup dan pihak Pemerintah Indonesia sudah merilis standar baku mutu limbah buangan.  Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL menjadi salah satu proses pengolahan limbah yang populer saat ini. Ada berbagai jenis IPAL, antara lain IPAL Komunal, IPAL Rumah Sakit, IPAL Pabrik, IPAL Apartemen dan lainnya.

Apabila dilihat secara menyeluruh, masing-masing IPAL memiliki kinerja yang serupa. Lebih tepatnya metode pemisahan limbah secara kimiawi, fisika, dan biologis. IPAL didaulat sebagai sistem pengolahan limbah paling efektif dapat mengolah untuk skala besar.

Macam-macam IPAL

Rupanya IPAL memiliki bermacam-macam jenis sesuai dengan fungsinya. Seperti IPAL Komunal akan berbeda dengan sistem IPAL pabrik. Macam-macam IPAL yang digunakan di Indonesia dirangkum sebagai berikut.

1. IPAL Komunal

IPAL Komunal yang pemakaiannya bersama-sama untuk pemukiman atau perumahan dengan jumlah penduduk tinggi. Adapun tujuan pembangunan IPAL demi kepentingan bersama yaitu sistem pengolahan limbah yang berasal dari rumah. Misalnya, limbah dari kamar mandi, WC, dapur, dan tempat lainnya.

IPAL Komunal akan mengolah residu deterjen, cairan cuci piring, shampo, dan sabun mandi secara optimal. Kini masyarakat semakin menyadari pentingnya IPAL dan lebih memiliki penggunaan IPAL. Kondisi tersebut dilihat dari keberadaan IPAL dimasing-masing perumahan maupun pemukiman padat penduduk.

Apabila hasil dari kegiatan rumah tangga dan tinja dibuang begitu saja ke tanah maka tidak akan ada proses filtrasi. Ujung-ujungnya, tanah hanya mengalirkan limbah tersebut menuju sungai. Jadi, air sungai berubah keruh dan habitat ikan menjadi rusak.

Proses penguraian limbah dalam sistem IPAL dilakukan oleh mikroorganisme dan bakteri. IPAL semakin dipercaya sebagai penampungan dan pengolahan limbah daerah pedesaan dan perkotaan.

2. IPAL Rumah Sakit

Rumah sakit juga menjadi tempat penghasil limbah medis terbanyak. Apalagi sampai saat ini jumlah rumah sakit pemerintah dan swasta di Indonesia berjumlah lebih dari 1600 gedung. Dapat diprediksikan volume limbah dihasilkan perhari sangat tinggi.

Limbah medis dapat berasal dari ruang rawat inap,  laboratorium, WC, dapur, dan lainnya. Adapun konsentrasi kimia ditemukan dalam obat-obatan dan cairan medis penunjang perawatan pasien.

Pemerintah juga mencanangkan solusi terbaik yakni dengan mewajibkan pembangunan IPAL Rumah Sakit. Tujuannya supaya menjaga sanitasi lingkungan dan makhluk hidup sekitar. Ternyata rumah sakit yang memiliki akreditasi baik atau mutunya diakui pemerintah jika sistem IPAL berjalan efisien dan optimal.

3. IPAL Industri

Potensi pencemaran yang disebabkan dari industri sangat tinggi. Resiko pencemaran terhadap lingkungan sekitar industri pun tak dapat dihindari lagi. Misalnya limbah industri berbentuk cairan, padat, dan gas. 

Setiap jenis industri yang masih aktif berjala diwajibkan memiliki sistem pengolahan limbah. IPAL Industri adalah sistem yang paling banyak dipilih. Hasilnya setelah limbah dikelola oleh sistem IPAL, zat kimia dan biologis yang ada didalamnya terurai.

Limbah industri membutuhkan penanganan prima dan intens. Sebab, konsentrasi zat-zat didalamnya cukup berbahaya. Limbah akan dibuang setelah memenuhi standar baku mutu.

4. IPAL Pertanian

Kegiata pertanian juga menyumbang limbah berbahan kimia bagi alam. Namun, tidak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan IPAL Pertanian. Limbah pertanian berasal dari zat kimia yang digunakan pada pupuk dan pestisida.

Apabila residu dari pupuk dan pestisida dibuang begitu saja maka akan berpengaruh terhadap sanitasi lingkungan. Tingkat bahaya limbah pertanian dapat menyerang makhluk hidup di lahan dan perairan disekitarnya. Solusi terbaik mengolah limbah pertanian yakni dengan membangun IPAL.

Ini Dampaknya Jika Tidak Ada IPAL

Semua aktivitas manusia di rumah dapat menghasilkan limbah. Seperti dari mencuci piring dan pakaian dengan cairan khusus. Residu dari cairan ini mencemari lingkungan sekitar berikut makhluk hidup. Untuk meminimalisir dampak negatif maka dibangunlah IPAL Komunal. Tanpa adanya IPAL maka beragam dampak yang dirasakan langsung, antara lain.

1. Dampak Kesehatan

Penggunaan air yang tercemar untuk mandi sehari-hari akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, efeknya dapat menyerang kulit tubuh seperti terkena kolera, infeksi, dan permukaan kulit terasa gatal.

Air tercemar mengandung kuman dan bakteri berbahaya. Terutama jika air yang dikonsumsi tercemar bakteri E-Colli. Bisa-bisa anak-anak dan orang dewasa mengalami diare dan typhus setelah mengonsumsinya. 

2. Dampak Lingkungan

Dampak terhadap lingkungan mempengaruhi kondisi tanah, pH tanah akan meningkat. Akibatnya, tumbuhan yang ditanam sulit berkembang dan tumbuh dengan subur. Kondisi ini dapat terjadi dalam jangka panjang dan sulit dilestarikan kembali.

3. Dampak Estetika

Setiap limbah tentu menimbulkan dampak negatif bagi pemandangan yang dikenal dengan estetika. Apalagi jika tidak dikelola, sangat potensial menciptakan bau busuk yang mengganggu pernafasan. Orang-orang yang tinggal disekitar tempat yang dicemari limbah akan merasa tidak nyaman.

Toya Arta Sejahtera : IPAL Komunal, IPAL Rumah Sakit, dll

Banyak orang kebingungan mencari jasa kontraktor IPAL terpercaya dan handal. Pasalnya, sudah banyak orang tertipu dari kualitas karena tergiur dengan janji manis kontraktor. Bukannya hasil pembangunan IPAL berkualitas, justru sering mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, pilih jasa kontraktor IPAL yang berkualitas, yakni Toya Arta Sejahtera. Sebuah perusahaan jasa Konsultan dan Kontraktor IPAL yang profesional dan berpengalaman.

Beragam layanan tersedia mulai dari jasa Konsultasi dan Kontraktor IPAL, WTP, STP, dan WWTP. Penanganan dalam proses pembangunan dilakukan oleh tim solid sekaligus profesional. Sudah sukses melakukan beragam pembangunan IPAL Komunal, IPAL Pabrik, IPAL Industri, IPAL Rumah Sakit, IPAL Hotel, dan IPAL Apartemen

 

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post