Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
GARUDA BISNIS

Ingin Interior Tampil Beda? Inilah 5 Pilihan Jok Mobil Terbaik

October 13 2020 , Written by timseogaruda

 

Jok mobil memang memiliki peran penting dalam interior kendaraan kesayangan. Tak jarang pemilik kendaraan ingin mengubah bentuk dan gaya tampilan jok agar sesuai dengan konsep gaya desain interior mobilnya. Di sinilah bengkel modifikasi berperan.

Aneka pilihan jok mobil ditawarkan oleh bengkel-bengkel modifikasi. Gaya yang ditonjolkan beragam, mulai dari desain klasik hingga futuristik. Pilihan desain yang beragam ini memudahkan pemilik kendaraan menyesuaikan dengan seleranya masing-masing.

Model Jok Mobil Terbaik

Pada dasarnya modifikasi jok mobil bertujuan untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih istimewa. Akan tetapi, tentu saja modifikasinya tidak sampai menghilangkan faktor kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Berikut ini adalah pilihan model jok terbaik.

1. Bucket seat

Model jok mobil ini mengacu pada mobil balap. Keunggulan yang dimiliki desain jok ini adalah dari segi keamanannnya. Selain itu, jok dengan model trendi didesain mengikuti bentuk dan ukuran tubuh pengemudi, sehingga lebih aman dan nyaman.

Jok model bucket seat juga dirancang menggunakan bahan yang ringan. Tujuannya adalah untuk mengurangi bobot mobil agar lebih ergonomis. Kesan trendi dan futuristik juga muncul pada desain model jok untuk mobil yang satu ini.

2.Captain Seat

Pada model jok mobil variasi captain seat, segi kenyamanan sangat diutamakan. Model ini memiliki dasar desain yang kurang lebih sama dengan bucket seat, tetapi berbeda penempatannya. Jok dengan model captain seat lebih sering digunakan pada baris kedua mobil, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan pada kursi pengemudi.

Tujuan desain model ini adalah memberikan kenyamanan tinggi  pada kursi penumpang tengah. Oleh sebab itu, model ini dilengkapi dengan sandaran tangan dan leher. Sandaran ini mendukung posisi tubuh penumpang agar tetap nyaman selama melakukan perjalananan.

Fitur lain yang ditambahkan pada model ini adalah adanya konsol tengah yang dapat difungsikan sebagai tempat meletakkan perlengkapan perjalanan. Salah satu contohnya adalah penempatan cup holder pada mobil untuk menjaga agar minuman yang dibawa tidak tumpah.

Model ini juga dilengkapi meja yang dapat dilipat, sehingga cocok digunakan penumpang yang perlu mengerjakan tugas kantornya di dalam mobil. Namun, jika model ini akan digunakan sebagai kursi pengemudi, ada baiknya melakukan penyesuaian pada arm rest dan meja lipat ini.

3. Semi Bucket Seat

Model ini cocok untuk mobil yang digunakan sehari-hari. Dengan sedikit modifikasi bentuk, model ini dirancang agar lebih nyaman jika dibandingkan bucket seat. Penggunaan tambahan busa pada bagian pinggang ditujukan untuk memberikan kenyamanan pengendara.

Selain itu, model jok semi bucket seat menggunakana bahan yang nyaman dan tidak panas. Inilah sebabnya model ini cocok diterapkan pada jenis city car. Trendi, tetapi tetap nyaman adalah konsep yang diusung jenis jok ini.

4. Standart Seat

Model jok standart seat adalah jenis yang umum ditemui pada jok bawaan pabrik. Walaupun tak jarang terkesan monoton, model ini sebenarnya juga cukup nyaman digunakan. Hal ini disebabkan oleh beberapa fitur tambahan yang bisa diterapkan.

Umumnya fitur pada jok standar adalah tuas untuk mengatur jarak jok dengan kemudi. Namun, ada juga produsen jok mobil yang menambahkan teknologi seat memory. Fitur ini menambahkan perekam jarak dan posisi duduk pengemudi sehingga mudah saat penyesuaian.

Modifikasi yang dilakukan pada standart seat ini adalah penggantian bahan pelapis jok dengan variasi warna dan tekstur yang lebih menarik. Ada beberapa pemilik kendaraan memodifikasi jok mobil yang dimiliki dengan penambahan fitur kursi pijat.

5. Split Bench Seat

Desain ini banyak ditemukan pada mobil lawas yang muncul sekitar tahun 1960-an. Penggunaan model jok ini membuat interior mobil terkesan klasik. Namun, model ini memiliki kelemahan, yaitu bentuknya yang menutupi seluruh konsol tengah.

Itulah sebabnya, model ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis mobil. Hanya mobil yang memiliki posisi tuas perseneling dan rem tangan pada kemudi yang bisa menggunakan  model ini.

Tren Jok Mobil

Beberapa waktu terakhir, tren jok mobil berkembang pada desain yang modern futuristik. Selain itu, menonjolkan detail yang cutomize. Jenis model jok mobil yang banyak dipilih adalah bucket seat dan semi bucket seat.

Adapun mengenai pilihan warna, lebih condong pada warna-warna yang tegas. Padu padan warna juga ditonjolkan sehingga memberi kesan modern. Kombinasi ini telah menunjukkan pergeseran dibanding tren sebelumnya yang lebih banyak menggunakan warna tunggal.

Tekstur jok pada kendaraan roda empat ini juga mengikuti tren. Ada pemilik kendaraan yang lebih menyukai jenis tekstur kerut, dotted, ataupun wajik. Model wajik ini banyak disukai kaum muda yang ingin interior mobilnya tampil keren.

Namun, saat memilih model jok mobil modifikasi, ada baiknya memperhatikan perawatannya. Untuk model yang susah dibersihkan karena memiliki banyak lekuk, tentunya perawatannya pun akan menjadi lebih sulit. Jenis bahan pelapisnya juga mempengaruhi cara perawatan jok.

Demikianlah lima model jok mobil yang bisa menjadi rekomendasi dalam modifikasi kendaraan kesayangan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian model jok dengan panel-panel kemudi. Hal ini akan memaksimalkan kenyamanan berkendara bagi pengemudi.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post