Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
GARUDA BISNIS

Berita Teknologi yang  Lagi Ngetren Untuk Membantu Perkembangan Bisnis di 2020

September 16 2020

Berita Teknologi yang  Lagi Ngetren Untuk Membantu Perkembangan Bisnis di 2020

Di era modern seperti saat ini ekspansi dan perkembangan teknologi terus menunjukkan peningkatan yang tajam. Berita teknologi terbaru kalau adanya teknologi digital iini sudah sering dijadikan sebagai disrupsi utama dalam suatu industri. Terlebih saat ini teknologi digital semakin memperlihatkan kinerja yang semakin maksimal.

Satu hal yang paling menarik adalah teknologi terbaru mampu diadopsi lebih cepat sehingga membuat para pebisnis harus bisa beradapasti lebih cepat agar tidak semakin ketinggalan. Nah, adaptasi tenkologi ini memiliki sifat disruptif  sehingga mampu secara perlahan merubah sistem iperasi sebuah perusahaan. Secara sederhana perkembangan teknologi juga berdampak besar bagi kelangsungan sebuah bisnis.

Tren Teknologi Terbaru Untuk Bisnis di Tahun 2020

Tentunya sampai tahun 2020 ini masih banyak pertanyaan mengenai cara teknologi baru mampu memberikan impact pada sebuah perushaan atau industri. Nah, untuk menjawab segala pertanyaan anda pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa tren teknologi yang membantu anda dalam mengembangkan sebuah bisnis. Penasaran? Silahkan simak pembahasannya berikut ini:

  1. Artificial Intelligence dan Big Data

Berita teknologi kali ini mampu membuat sebagian masyarakat khawatir kalau adanya Artificial Intelligence secara pelan-pelan akan menggantikan peran manusia. Walau perkembangan teknologi ini masih tahap awal di Indonesia namun perkembangannya cukup baik dan sudah masuk ke sebuah perusahaan dan industri.

Terlebih saat ini keberadaan teknologi AL dan Big Data ini sudah masyk ke berbagai sektor bisnis. Sehingga dalam hal penggunaannya pasti terasa lebih praktis mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, manufaktur, dan masih banyak lainnya.

Teknologi ini memang salah satu teknologi yang proses adopsinya lebih cepat karena dilengkapi machine learning dan pembelajaran. Selain itu ada kemampuan untuk pengenalan secara alami di sektor bisnis dengan skala besar atau kecil. Sehingga adanya Artificial Intelligence ini terus berpengaruh terhadapa sebuah bisnis dan menemukan berbagai inovasi terbaru dalam dunia industri.

Kemudian dengan adanya Big Data ini akan digunakan sebagai salah satu penentu dalam mengambil keputusan dalam berbisnis. Mengingat di dalamnya sudah terdapat berbagai himpunan data dengan julmah yang besar dan itu sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Big data ini bisa digunakan untyk berbagai jenis usaha sehingga bisa memberikan perubahan pada arah yang lebih baik.

  1. Internet of Things

Selain Artificial Intelligence dan Big Data, ada lagi teknologi terbaru yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis yaitu Internet of Things. Dengan adanya pemanfaatkan teknologi ini menjadi transformasi digital yang cerdas. Adanya teknologi ini sudah mempengaruhi berjalannya bisnis modern di masa depan.

Terbukti saat ini keberadaan smartphone selain menjadi perangkat pintar tetapi juga sudah bisa digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Perangat yang saat ini ngetren seperti Echo, Amazon Alexa, Google Assitant dan lainnya.

Selain fokus pada kota yang sudah paham teknologi digital, bidang perusahaan atau industri ini akan menjadi pasar untuk implementasi Internet of Things. Sehinga dengan semakin cepatnya perkembangan IoT ini proyek ini akan semakin meningkat.

  1. Fintech

Berita teknologi selanjutnya adalah hadirnya Fintecj sebagai kolaborasi antara finansial dengan teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin cepat ini bisa membantu para startup dalam menemukan inovasi produk keuangan dari berbagai bank konvensional. Keberadaannya mampu menjadi solusi terbaik untuk konsumen di era modern. Selain itu mampu membuat industri keuangan semakin baik.

Fintech ini menjadi salah satu primadona karena terus mengalamai perkembangan. Jadi tidak hanya fokus untuk pembayaran dan lending. Penggunaan Fintech ini bisadigunakan untuk bisnis lainnya seperti remitansi, insurtech, analytics, dan lainnya.

Alasan utama Fintech ini mampu menjadi primadona adalah menawarkan kecepatan. Nah, dengan adanya Big Data, algoritma, dan lainnya keputusan kredit bisa ditentukan lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan dengan sistem perbankan konvensional. Mengingat semua pengisian bisa dilakukan secara online dan sangat mudah digunakan.

  1. Cloud Computing

Komputasi awan ini memang menjadi salah satu teknologi yang sudah umum terlebih dalam pengembangan software. Terdapat berbagai kelebihan pada cloud computing mulai dari skalabilitas, keandalan, dan portabilitas sehingga mampy memberikan daya tarik tersendiri. Selain itu dirasa pembayaran dengan sistem ini lebih fleksibel dan proses pembayaran sesuai penggunaan atau “pay as you use”.

Sehingga saat ini banyak pelaku bisnis yang sudah menerapkan teknologi ini untuk operasional bisnis. Terlebih dalam menghubungkan dengan para konsumen. Pembiayaan akan kebutuhan teknologi akan lebih efektif dengan menggunakan cloud Computing. Nah, teknologi ini menawarkan sistem pembayaran yang lebih fleksibel dan mampu meminimalisir penggunaan sumber daya ketika kebutuhan masih rendah.

Demikianlah berita teknologi yang semakin ngetren dan mampu meningkatkan perkembangan sebuah bisnis. Semoga dengan adanya penjelasan ini anda akan semakin paham dan melek terhadap kecanggihan teknologi.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post